Jumat, 29 November 2019

RASA SAKIT

Rasa Sakit 

#Day_2 
26/11/2019

Tengah malam terbangun, rasa sakit di sekujur tubuh. Demam. Si bungsu ternyata pindah tidur, memeluk mamanya. Saya terbangun karena kakinya menyentuh bokong yang bengkak, seperti biasanya, saya dijadikan guling empuk.

Kaki si bungsu berhasil dipindah. Ternyata ada lagi yang menindih kaki bagian bawah, kucing. Entah kucing yang mana. Ada kucing satu lagi di bagian kepala. Biasanya oleh suami, kucing ini dikeluarkan sebelum dia tidur. Tapi malam itu sepertinya tidak. 

Berusaha tidur lagi tapi tak bisa nyenyak. Hingga alarm berbunyi pukul 03.15. Saya memang biasanya bangun jam 3.30an. Menyiapkan sarapan dan bekal makan siang buat anak suami. Tidak sanggup bangun pagi itu. Tangan tak sanggup menopang tubuh untuk berbalik dari posisi telungkup.

Suami terbangun, membangunkan si bungsu serta membantu saya turun dari tempat tidur. 

Sakit ....

Rasa sakit menjura saat kaki menopang tubuh untuk berdiri. Kaki dan tangan lemah, tak ada kekuatan. 

Perlahan beringsut, dibantu suami ke kamar mandi. Urine hanya sedikit keluar. Saya baru sadar bahwa kemarin pun saya hanya 2 kali ke kamar mandi. Siang dan sore, hanya sedikit urine keluar saat pipis.

Something wrong with my body ...

Selasa itu, suami harus pergi. Ada rapat penting yang tak bisa ditinggalkan. Beberapa teman menyapa di WA, semua menganjurkan hal yang sama. Ke rumah sakit, periksa!

Saya masih dengan anggapan, ahhhh cuma jatuh. Gak ada luka. Gak apa-apa. Besok juga bisa ke kantor. Hari ini istirahat aja.

Tapi jauh di dasar hati takut. Kenapa kaki dan tangan gak ada kekuatan? Kenapa sakit di bokong tak tertahankan? Kenapa urine yang keluar hanya sedikit? 

Seorang teman yang Dokter Radiologi di Lakespra Saryanto menelpon. 

"Maya, kamu ke RS sekarang! Siapa tahu benturan itu kena tulang ekor atau tulang panggul. Saranku tolong konsul ke dokter ortopedi, minta foto tulang belakang, pelvis ama tulang ekor (sacro coccigeus). Nanti aku bantu baca hasil rontgennya," ujarnya memerintah.

Fix, mulai cemas. Browsing sana sini. Retak tulang ekor... Patah tulang ekor...  Semakin cemas.

Tekanan darah meninggi karena stress. Sempat terpikir ke RS sendiri naik bajay. Tapi membayangkan prosesnya sudah sakit. Terpaksa menunggu suami pulang.

Rasa sakit sedikit reda setelah minum Panadol. Lalu ganti mefenemic acid sesuai saran Uda Dokter. Efek obat hilang, sakit kembali datang. Tekanan darah sedikit turun setelah amlodipine diminum. Cemas sedikit berkurang.

Siang itu, ada email masuk. Kabar bahwa jurnal nasionalku diterima di Acta Veterinaria untuk penerbitan Juli 2020. Alhamdulillah. Ada titik terang untuk ujian tertutup. Rasa senang sedikit membuatku melupakan sakit. 

Malam itu, kami pun ke RS Islam Pondok Kopi. Rasanya duduk di mobil? Sakit tak tertahankan ...

....
 Lanjut lagi ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut