Selasa, 08 Mei 2018

UMPTN

UMPTN
Julia Rosmaya

Hanya orang jaman old yang tahu arti singkatan UMPTN.... dan hari ini terpaksa saya mengaku old hahaha...

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Nah itu artinya... Saya ikut UMPTN tahun 91 di sebuah sekolah Negeri di daerah Tebet, lupa apa nama sekolahnya... SMP atau SMA... Lupa juga.

Sekolah saya SMAN 12 Jakarta berada di dekat rel kereta. Saat itu bila kereta lewat, suaranya terdengar hingga ke kelas. Ndilalah pas ujian UMPTN, saya dapat lokasi di sekolah yang dekat rel kereta juga. Lebih dekat rel malah. Hingga suara kereta lewat lebih jelas terdengar.

Becandaan kami saat itu... "Nasib anak 12 gak bisa jauh dari rel...!" hahaha...

Keuntungannya kami tidak merasa terganggu dengan suara getaran rel atau suara kereta yang berisik itu. Biasa saja. Beda dengan anak sekolah lain. Kereta lewat, meja bergetar, konsentrasi pasti terganggu. Kami? Kereta lewat.... Woles beibeh...

Saat itu, saya diantar Papa ke lokasi. Tapi tidak ditunggu, disuruh pulang sendiri. Susahnya sebagai anak rumahan gak tahu pulang pakai apa dari sana. Jaman dulu kan gak ada ojek online. Untunglah beramai-ramai dengan teman. Sehingga bisa pulang ke rumah... Halah lebay.

Hari ini anak saya yang ujian SBMPTN... Namanya saja yang ganti. Esensinya sama. Sama seperti Papa saya dulu, tadi saya dan suami hanya mengantar ke lokasi ujian. Itu pun di drop di pintu gerbang saja. Untuk pulang, saya minta dia naik ojek online. Kebetulan dia dapat lokasi dekat rumah, di UNJ.

Jalan menuju UNJ pagi tadi macet, mungkin banyak orangtua yang mendukung anaknya, minimal dengan mengantar ke lokasi seperti kami.

Semangat anakku... Semoga tercapai keinginanmu....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut