Senin, 30 September 2019

SAYA DOKTER HEWAN KARANTINA!

Saya Dokter Hewan Karantina!

Iya, saya dokter hewan yang bekerja di Badan Karantina Pertanian. Saya menulis karena ingin menyebarluaskan info mengenai pekerjaan saya.

Dokter Hewan adalah salah satu profesi yang mulai berkibar. Saat ini, Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) adalah salah satu Fakultas favorit di Universitas mana pun. Bahkan banyak mahasiswa luar negeri, terutama Malaysia dan Singapura yang belajar di Fakultas Kedokteran Hewan Indonesia. Saat ini hanya 11 Universitas yang memiliki FKH, yaitu UGM Yogyakarta, Unair Surabaya, IPB Bogor, Unpad Bandung, Udayana Denpasar, Unsyiah Aceh, Undana Kupang, Unhas Makassar, Unibraw Malang, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, dan Universitas Mataram, NTB.

Dokter Hewan Karantina lebih spesifik lagi pekerjaannya. Kami menjaga negeri dari ancaman penyakit hewan. Serta mencegah penyebarluasan penyakit tersebut dari satu pulau ke pulau lain di Indonesia.

Jangan heran kalau kalian datang dari luar negeri membawa daging atau sosis dari luar negeri kami tahan. Produk makanan yang berasal dari hewan juga dapat membawa penyakit lho.

Ini salah satu sebab saya harus menulis mengenai profesi saya. Jangan remehkan kami yang sedang bertugas di pelabuhan dan bandara saat kami menahan produk hewan yang kalian bawa.

Penyakit hewan yang sedang tenar saat ini, dan kami bersusah payah menangkal untuk masuk ke Indonesia antara lain ASF. African Swine Fever.

Virus ASF dapat bertahan berbulan-bulan dalam sosis babi yang kalian bawa masuk ke Indonesia. Sosis yang tidak habis kalian makan, dibuang ke tempat sampah, lalu sampah tersebut dimakan babi. Dalam waktu singkat virus tersebut dapat menulari babi di peternakan dan mematikan seluruh babi yang ada. Ya, virus ASF seganas itu.

Belum lagi penyakit lain seperti Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang sapi. Indonesia sudah terbebas dari PMK, tapi dikelilingi negara yang masih belum bebas seperti Malaysia, Filipina dan Thailand. Jangan sampai PMK masuk lagi ke Indonesia. Tahukah kalian, bahwa kita butuh 100 tahun membebaskan PMK di Indonesia?

Masih banyak lagi tugas dokter hewan karantina, dan saya akan terus menuliskannya

Jangan lupa #LaporKarantina ya

Julia Rosmaya
Dokter Hewan Karantina

Foto : Saya sedang ikut pengawasan sampah dari pesawat internasional di Bandara Soekarno Hatta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut