Sabtu, 07 Februari 2015

CACAR AIR

Beberapa hari ke belakang dan seminggu ke depan,  aku memerankan diri jadi perawat. Anak keduaku tertular cacar air. Dulu saat kakaknya terkena cacar air, dia hanya ikutan demam tapi cacarnya tidak tertular. Selain dia, lima orang teman sekelasnya juga tertular cacar air.

Cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella simplex yang bersifat sangat menular. Penularan terjadi melalui udara dan juga melalui kontak langsung. Penularan melalui udara disini maksudnya adalah, penderita dapat menularkan penyakit ke orang sekitarnya tanpa melalui sentuhan langsung tapi melalui udara.

Masa inkubasi dari mulai tertular hingga gejala penyakit pertama timbul adalah 1-2 minggu. Gejala pertama dari penyakit ini adalah rasa tidak enak badan, diikuti oleh demam ringan dan rasa pegal kemudian muncul semacam ruam merah di penggung atau dada penderita. Ruam merah ini kemudian membentuk semacam benjolan berisi air. Inilah yang disebut cacar air.

Sebenarnya sudah ada vaksin untuk mencegah cacar air, sayangnya kedua anakku tidak divaksin cacar air dulu.

Seperti penyakit yang disebabkan oleh virus, cacar air dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan khusus. Yang diperlukan adalah kondisi tubuh yang bagus untuk mencegah infeksi tambahan oleh bakteri. Obat yang diberikan bukan untuk membunuh virusnya secara langsung tapi hanya membantu mempercepat proses penyembuhan serta mencegah infeksi lanjutan.

Yang berbahaya adalah demamnya. Sehingga asupan minum harus diperhatikan. Bila anak mendapat antibiotika, perhatikan aturan pemberiannya. Jangan berikan susu bersamaan atau berdekatan dengan antibiotik.

Perhatikan kebersihan kulit. Karena saat cacar air mulai mengering, infeksi ikutan oleh bakteri dapat terjadi.

Kedua anakku dari kecil tetap kumandikan walau mereka sedang sakit. Karena menurutku, mandi itu penting. Badan akan terasa segar dan itu adalah salah satu cara mempercepat kesembuhan. Selain itu, mandi dengan tambahan cairan antiseptic juga bermanfaat mengeringkan bekas cacar dan mencegah infeksi bakteri.

Sehabis mandi, kutaburi dia dengan bedak herocyn, untuk mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan.

Syukurlah soal minum obat bagi kedua anakku juga tidak ada persoalan karena mereka tahu bahwa obat sepahit apapun itu wajib diminum bila mereka sakit.

Seseorang biasanya hanya sekali menderita cacar air seumur hidupnya. Tapi ada juga virus yang bersifat dorman di dalam tubuh seseorang dan akan muncul kembali dalam bentuk herpes kulit saat kondisi tubuhnya menurun.

Itu sekilas mengenai cacar air. Undur diri dulu untuk memanjakan yang lagi sakit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut