Sabtu, 07 Februari 2015

BANGJO

Seorang teman baru saja pulang dari sebuah seminar di Solo. Ketika kutanya “Gimana pak kota Solo? Tersesat gak di sana? Ketemu bangjo gak?” ….

Dia malah balik bertanya, “Memang bangjo apa sih?’…. Kujawab, ”Bangjo tuh abang ijo alias lampu merah. Abang bahasa jawa dari merah dan ijo ya hijau!”….

Dia langsung tertawa ….”Pantas kita tersesat terus…… kan tanya arah ke orang dijawabnya gini….nanti setelah bangjo bapak ngetan .. terus bangjo lagi ngulon….karena di mobil gak ada yang bisa bahasa jawa ya cuma ngangguk-ngangguk sok ngerti …. Kita kira bangjo itu nama toko atau pasar… pantesan dicari toko bangjo gak nemu…. Hahahaha….”

Aku juga ikutan tertawa terbahak-bahak karena ingat belasan tahun yang lalu waktu pertama mau kuliah ke Yogya juga gak tau arti bangjo itu apa.

Alkisah waktu itu aku diantar dengan mobil oleh mama dan supir karena kebetulan papa sedang ada kesibukan yang tidak bisa ditinggal. Sampai Yogya kurang lebih jam 4.30 dini hari. Kami bertiga tidak ada yang ingat jalan menuju UGM, sehingga bertanyalah kami ke abang becak. Jawabnya sama ada kata bangjo, ngetan, ngulon…. Halah…. Pokoknya kita malah mutar-mutar gak karuan di situ…..

Berminggu-minggu kemudian aku baru tahu arti bangjo itu ya lampu merah. Dan ternyata dari lokasi kami bertanya itu ke arah UGM sudah dekat hanya tinggal kurang dari 2 km lagi, tapi karena tidak tahu, kami malah mengambil jalan memutar yang lebih jauh.

Kebiasaan orang Yogya dan mungkin juga daerah Jawa pada umumnya bila ditanya arah bukannya bilang ke arah kiri atau kanan, depan atau belakang tetapi ngetan (wetan), ngulon (kulon), ngalor (lor) dan ngidul (kidul). Arah mata anginlah yang menjadi patokan. Duh beneran bingung kalo menanyakan arah dan tersesat sudah pasti itu.

Sampai akhirnya seorang teman membantu dengan mengatakan, “Gampang May, kamu tinggal cari dimana gunung Merapi. Nah gunung Merapi itu arah ngalor alias utara dan lurus di depannya berarti ngidul alias selatan. Kalo kamu sudah tau arah utara gampang tho mencari arah wetan alias timur dan kulon alias barat?”.

Dia juga bilang, “kenapa sih orang Jakarta itu malah lebih familiar dengan kiri atau kanan kalau menunjukkan arah, kenapa gak nyari penanda alam seperti kita orang Yogya ini?” ….

Hmmmm dia tahu gak ya kalo di Jakarta itu gak ada gunung…. Adanya juga gunung sahari …. Hehehe. Memangnya Gunung Gede keliatan dari Jakarta? Terus kalo matahari yang jadi patokan, gimana di malam hari kan bingung juga cari timur dan barat…..

Akhirnya tips “mencari gunung merapi” itu kuterapkan selama tinggal di Yogya. Tidak lupa sambil bernyanyi “Timur, Tenggara, Selatan, Barat Daya, Barat, Barat Laut, Utara, Timur Laut” Untuk menandai arah yang kucari. Tapi ketika tips itu kuterangkan ke teman yang baru pulang dari Solo tadi dia malah balik bertanya “Memang gunung merapi keliatan dari Solo?”…. nah lo … gimana jawabnya ya …??? Hahaha….

Note : terima kasih buat wiwin dan abdul yang bertahun-tahun lalu mengajari tips di atas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut