Kamis, 05 Februari 2015

CINTA-CINTAAN

Sebuah catatan lama, yang coba di release ulang...

Bulan Febuari kata orang Barat itu Valentine... bukan maksud untuk ikutan ber-palentin ria...cuma sekedar ingin mengenang suatu masa di jaman dulu saat aku masih di bawah 20an...Saat pertama menaksir atau ditaksir seseorang, ingat gak masa-masa itu?

Kapan pertama kali naksir atau ditaksir seseorang? Kalo ada pertanyaan seperti itu, akan aku jawab dengan muka malu-malu...umur 12 tahun! yaps...jaman masih seragam putih merah. Sebelumnya biar lebih anonymus, dalam note ini tidak akan disebut nama asli para tokoh yang terlibat. Siapa tau si tokoh atau pasangannya tidak rela pernah terlibat dalam masa lalu seorang Julia Rosmaya (halah lebay).

Part one....
Waktu SD, hanya ada 6 ruang kelas di sekolahku, jadi teman sekelas dari kelas 1 sampai kelas 6 yah itu-itu saja. Alhasil saat hormon-hormon mulai berkembang....kok tiba-tiba ada seorang cowok, hmmm enaknya kita sebut cowok bibir seksi (CBS) terlihat begitu gantengnya di mataku, hanya gara-gara teman sebangku yang usil bilang bahwa aku pantesnya "jalan" ama si CBS. Kenapa kok kusebut bibir seksi? entahlah rasanya dimataku dulu itu, dia ini bibirnya seksi huahahaha...kebayang gak sih anak kelas 6 SD mikirin cowok dengan katagori bibir seksi???

Dasar anak kecil, yah beraninya cuma saling melirik gak jelas gitu. Tapi entah bagaimana caranya tiba-tiba seluruh kelas tau kalo aku naksir CBS. Habislah kiita berdua. Cuma berdiri dekatan saat upacara, bakalan diledek sampai telinga memerah seminggu penuh!! Wah pokoknya yang tadinya mau PDKT gagal total lah. Setahun terakhir di SD malah membuat kita saling menjauh, gak bisa ngobrol lagi, gak pernah mau kalo disuruh satu kelompok (karena tau bakal kena ledek), dan akhirnya tanpa terasa kelulusan tiba. Aku masuk SMP unggulan n dia masuk ke SMP lain. Padahal tadinya sempat berharap bisa satu sekolah lagi.

Tapi aku tidak hilang akal, caranya ketemu CBS adalah dengan mengadakan reuni SD. Jadi entah sudah berapa kali teman SD reuni dengan aku sebagai pemrakarsanya. Tapi ya itu tadi setiap ketemu malah gak bisa ngapa-ngapain, cuma bisa memandang sambil deg-deg plas.... kalo dia melirik balik rasanya mau pingsan. Pernah waktu SMA kita satu bis saat berangkat sekolah, aku di depan n dia di belakang. Saling tau keberadaan masing-masing tapi sama-sama gak berani negur duluan. Tapi...finally waktu aku turun di SMA-ku, dia negur..."Maya...bye.." dengan senyum manisnya itu...alamak langsung lemas sekujur tubuh...hihihihi...tapi yah memang gak jodoh.

Setelah aku kawin, kita sempat berhubungan lagi...cukup dekat malah, dalam arti bisa ngobrol ngalor ngidul. Dia sempat bilang.."kamu sih May terlalu cemerlang, SMP kamu masuk unggulan, SMA kamu masuk SMA unggulan lagi...terus kuliah di UGM. Bagaimana aku gak minder terus ama kamu?"...dengan hati mulai deg deg kan aku balik nanya..."loh memang apa hubungannya?'... dia jawab, "...karena kamu jadi semakin susah dijangkau..."....oh...ternyata dia juga punya "rasa" ama aku to? tapi sayang taunya udah telat...huhuhu....Saat ini CBS sudah tiada, beberapa hari setelah obrolan kita yang terakhir dia "pergi" sesudah shalat subuh di bulan puasa... Kenapa ya orang baik selalu dipanggil lebih dulu? Semoga arwahnya diterima di sisiNYA...amin...

Part two....
Saat kelas 2 SMP, suatu hari di awal semester, aku yang sedang duduk manis membaca buku merasa ada seseorang yang melempar kapur ke aku. Aku kira perang kapur antar anak cowok sudah mulai ...tapi kulihat kiri kanan para cowok yang biasa main perang-perangan tidak ada di tempat. Kukira seseorang iseng salah lempar ke aku. Tapi beberapa saat kemudian tidak hanya kapur, tapi kertas beterbangan ke arahku. Oke pikirku ini sudah keterlaluan, siapa sih yang iseng pikirku.

Baru beberapa hari kemudian aku tahu siapa yang iseng melempar kapur itu, kita sebut dia cowok lempar kapur (CLK). Aku pun akhirnya balas melempar kapur ke CLK. Tapi kali ini CLK tidak hanya sekedar melempar, sesaat setelah melempar kapur dia memastikan bahwa aku melihat ke arahnya dan dia tersenyum.... terkadang melambai....ihhhh bikin sebel!!

Lalu dia makin berani, saat istirahat, dia sengaja duduk di bangkuku, walau tidak banyak yang dibicarakan karena aku juga bingung mau ngobrol apa. Maksudku baru kali inilah ada cowok naksir dengan maksud yang begitu jelas terlihat. Antara aku n CBS saat itu kan tidak pernah jelas, sedangkan CLK menyatakan maksudnya dengan begitu tersurat tidak hanya tersirat.

Sebagai cewek umur 14 tahun, rada bingung juga menghadapi model CLK ini. Semakin dicuekin dia semakin menjadi. Malah pernah sengaja dia pinjam buku catatan dan sekembalinya buku itu ....baunya...wangi.... Pernah juga dia sengaja ngantar pulang ke rumah, walau di jalan juga gak ngobrol apa-apa. Mungkin dia sendiri juga deg-deg kan n bingung kali mau ngomong apa hehehe...Inget gak film ACI jaman dulu? nah kayak gitu tuh suasananya...bingung gak jelas.

Lalu aku jatuh sakit, tipus yang cukup parah sampai dirawat di rumah sakit 2 minggu. Sebulan lebih aku tidak masuk sekolah dan saat aku masuk...... CLK sudah jadian dengan cewek lain!!!! Halah padahal saat itu aku sudah mulai suka ke dia...ternyata PDKT nya CLK cuma gombal!!!!

part three...
Saat opspek di SMA, kami diperintahkan untuk memakai topi jerami sebagai bagian dari perlengkapan opspek. Saat itu, kami duduk di koridor kelas mendengarkan pengarahan kakak pembina.... waktu sedang bosen-bosennya aku melihat ke kelas di depanku, ada seorang cowok memakai topi jerami dengan model topi koboy. Tau kan yang kumaksud? Topinya itu dilekuk di kanan kirinya seperti topi "Stetson" di film-film amrik? Wah boleh juga neh cowok pikirku, lumayan buat pemandangan.

Langsung ku mencari lebih lanjut siapa si cowok topi koboy (CTK) itu. Waktu kelas I, sering pura-pura lewat di depan kelasnya dengan harapan ada CTK. Lebih sering gak adanya sih daripada ada, sepertinya dia cukup "gaul" juga saat itu sehingga jarang ada di kelas kalau istirahat. Kelas 2 dia masuk Fisika n aku masuk Biologi. Yah... punahlah harapan bisa sekelas, ditambah lagi saat itu kelas Bio n Sos masuk siang n kelas Fis masuk pagi. Ketemu dia dalam sebulan sekali itu sepertinya anugrah....tapi kalau ketemu yah seperti itu .... aku gak berani ngapa-ngapain. Hanya berani memandang dari jauh sambil ngiler hahahaha....

Saat kelas III, kita semua masuk pagi. CTK termasuk cowok yang aktif di OSIS, jadi suatu hari saat sekolah mengadakan razia, dia ikut masuk kelas membantu guru merazia tas para murid. Begitu tau CTK masuk kelasku, wah rasanya gak karuan ....sampailah dia di mejaku, lalu dia berkata..."halo May... tasmu mana?".... May...dia manggil aku May???? berarti dia tau namaku dong??? Karena kalo orang tidak begitu kenal biasanya memanggil aku Julia, tapi bila dia tau kalo aku biasa dipanggil Maya....ah .... jangan-jangan dia tau kalo aku naksir....

Saat ini, begitu tau dia punya FB, aku add CTK. Kubilang bahwa dulu kita satu SMA, tanpa menyebutkan nama panggilanku siapa. Tapi dia membalas, "... tentu saja gw inget ama elo. Elo Maya anak Bio kan?"..... wadohhhhh jangan-jangan dia bener-bener merasa kutaksir ya??? Mungkin aku kalo ngeliatin terlalu vulgar kali ya hahaha...Tapi tentu saja hingga saat ini aku gak berani ngaku kalo dulu pernah naksir, malunya itu lho....

Hmmm.... itu sekelumit kehidupan masa lalu ku.... jaman cinta-cintaan...bisa disebut cinta monyet mungkin?? Setelah umur 20-an, jaman kuliah, sudah memasuki masa cinta beneran, dalam arti pacaran dll dsb, kalo periode ini sepertinya gak bakal di publish...bisa diamuk sama yang bersangkutan hahaha...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut