Minggu, 03 Mei 2020

KALEIDOSKOP III BIO1 (BAGIAN 3)

OKTOBER 1990

Bulan Oktober ini kita dapat raport bayangan, yang nilainya bagus sih tenang-tenang aja, cuman yang jelek nach pada deg deg kan deh....

Ada kejadian yang ngeselin banget. Tanggal 20 Oktober kita ulangan Biologi. Anak dengan nomor urut 1-24 kebagian ulangan yang kedua. Sewaktu mereka mau masuk, semuanya bergerombol di depan pintu menunggu anak yang nomor urutnya 25-47 keluar. Rupanya entah siapa ada yang bicara dengan anak yang baru keluar itu. Bu Win melihat dan beliau menyangka mereka berbicara mengenai soal yang baru diujikan. Beliau marah-marah dan menyuruh anak itu untuk mengaku, tapi tidak ada satupun anak yang mengaku berbicara dengan rombongan yang baru keluar. Kemudian beliau memberikan hukuman bagi kita dengan memberikan soal essay 5 buah! Padahal rombongan sebelumnya mendapat pilihan berganda. Mana waktu tinggal lima menit sewaktu dia membacakan soal.

Kita hanya diberi kesempatan mengerjakan soal selama 10 menit dan langsung kertas ulangan dikumpulkan ! Bagaimana bisa semua soal selesai dalam waktu sesingkat itu. Mana ada yang disuruh gambar lagi. Menggambar proses sintesis protein kan lama. Wah pokoknya semua anak merasa diperlakukan tidak adil oleh bu Win. Mulai saat itu banyak yang gak suka dengan beliau, karena dia selalu keras pada kita. Apalagi kalau beliau sedang mengajukan pertanyaan atau membuat kesimpulan percobaan di papan tulis. Beliau mau apa yang diinginkannya itu yang dijawab atau ditulis oleh anak-anak. Mungkin memang tujuannya baik tapi caranya itu yang terkadang membuat kita semua kesal.

Bulan Oktober sepi, karena gak ada yang ulang tahun.

NOVEMBER 1990

Sejak akhir Oktober kita mendapat tugas menanam dan merawat berbagai bibit tanaman untuk penghijauan sebagai tugas kelompok. Jadi setiap pagi lahan kosong di sebelah kelas menjadi ramai oleh anak-anak yang menyiram dan mencatat perkembangan tanamannya.

Ada kelompok yang tanamannya tumbuh subur, ada juga yang gagal total karena bibit yang ditanam tidak menampakkan tanda-tanda akan tumbuh. Kelompok yang gagal terpaksa mengulang dari awal dengan mengganti bibit yang ditanam dengan tanaman lain.

Percobaan-percobaan Biologi juga semakin bertambah banyak. Setelah percobaan dengan kancing-kancing gen, maka mulailah percobaan di luar mengenai penyebaran makhluk hidup dengan memakai kuadran yang dilempar pada sebidang rumput. Kemudian dilihat jenis makhluk hidup apa saja yang hidup disitu.

Selain itu kita juga mendapat tugas mengenai "Bibit Unggul" . Wah sibuknya anak-anak pergi kesana kemari mencari data. Tapi akhirnya tugas itu dapat diselesaikan tepat pada waktunya.

Fidia, Tenny, Edy, Iis dan Diah giliran ulang tahun bulan ini. Si Edy ngundangin anak cowok ke rumahnya sedang ceweknya gak ada satu pun. Curang ya .... ! Apa enaknya pesta tanpa cewek ... de... sirik .... !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut