Jumat, 01 Mei 2020

MOON IS BEAUTIFUL

Moon Is Beautiful 
- Ulasan KDrama "Romance is a Bonus Book"
#JuliaSays 

Siapa yang suka membaca buku? Di era digital, buku yang dicetak semakin berkurang peminatnya. Tapi tahu gak? Kebahagiaan membuka lembar demi lembar buku baru yang helaiannya masih krispi itu nilainya tak terhingga. Setidaknya buat saya. 

"Romance is a Bonus Book" adalah KDrama yang membahas lika liku dunia penerbitan buku. Penonton diajak memahami bahwa sebelum buku terpajang di toko buku, ada proses rumit yang mendahuluinya. 

Sang tokoh utama Cha Eun-Ho diperankan oleh Lee Jong-Suk yang terkenal dengan bibirnya yang berlekuk sekseh. Tolong emak-emak jangan histeris dulu, masalah keseksian bibir mas Jong-Suk biarlah dibahas yang lain. Kita fokus saja dengan aktingnya kali ini. 

Cha Eun-Ho adalah penulis dan senior editor di sebuah penerbitan. Sementara Kang Dan-I (Lee Na Young), adalah teman masa kecil Eun-Ho yang bekerja di tempat yang sama. 

Secara detil, diterangkan proses sebuah buku dicetak, mulai dari penyerahan naskah dari penulis ke editor. Dilanjutkan proses editing yang tidak sebentar. Sebelum buku dicetak, tim pemasaran harus membuat materi penjualan yang menarik agar buku bisa laku. Setelah buku dicetak, peletakan buku di toko buku juga akan menentukan jumlah buku yang akan diserap pasar. Satu hal yang menarik disini, ternyata buku yang tak terjual, ditarik kembali oleh penerbit untuk dimusnahkan. Ikut sedih melihat serpihan kertas beterbangan dari buku yang sedang dalam proses pemusnahan hiks. 

Saya kaget mengetahui fakta bahwa ibu rumah tangga di Korea, yang ingin bekerja lagi setelah anaknya besar, atau setelah menjadi single Mom mendapatkan stigma negatif saat melamar pekerjaan. Sehebat apapun prestasi kerja dia di masa lalu, seakan tak berarti di masa kini. 

Dan-I terpaksa melamar pekerjaan dengan ijazah SMA di perusahaan Eun-Ho. Padahal dulu sebelum menikah, Dan-I yang lulus dari Universitas ternama adalah copy-writer andalan. Banyak yang menganggap bahwa wanita yang bekerja lagi setelah berhenti karena mengurus rumah tangga adalah ancaman bagi sesama pekerja. Terutama bagi para lulusan baru yang tak berpengalaman.

Stigma bahwa ibu rumah tangga hanya santai-santai saja di rumah begitu kuat mengakar. Sehingga banyak orang seperti Dan-I dianggap tidak mampu lagi mengikuti ritme kerja yang sangat ketat di perusahaan.

Saat diketahui bahwa Dan-I bukan hanya lulusan SMA, tapi bergelar sarjana, Dan-I pun dipecat. Alasannya berbohong saat mengajukan lamaran. Mungkin karena ini drama, alasan ini menurut saya agak didramatisir. 

Dalam pandangan saya, tidaklah salah saat kita mengajukan lamaran hanya dengan menyertakan ijazah SMA, walau faktanya memiliki ijazah S2. Toh yang diminta untuk posisi Dan-I tidak ada persyaratan khusus umur maupun latar belakang pendidikan. Salah itu bila kita berbohong dengan menyerahkan ijazah palsu S2 saat kualifikasi yang dibutuhkan hanya S1. 

Tapi sudahlah, tak perlu kita bahas itu. 

Menurut saya, jadi ibu rumah tangga itu sama beratnya dengan meniti karir. Stigma bahwa ibu rumah tangga bisa santai, bobok-bobok siang di saat para wanita bekerja rapat marathon dengan pimpinan harus diubah. Masa pandemi yang mewajibkan wanita pekerja bekerja dari rumah, makin banyak membuat orang sadar bahwa jadi ibu rumah tangga faktanya tidak sesantai dugaan itu. 

Lalu bagaimana kisah romance-nya? Sudah pasti ada, ini genre "Romantic Comedy", kisah percintaan Eun Ho dan Dan-I adalah fokus utama. Supaya tidak menjadi spoiler, drama ini berakhir bahagia lho. Wajib tonton buat fans nya mas Jong Suk. Btw dia sedang wamil sekarang, hingga 2021. 

Drama ini relatif minim dengan adegan kecup-kecup, mungkin karena pameran Dan-I sudah menikah dan ini adalah drama pertamanya sejak menikah. 

Buat para lelaki, saat kamu jatuh cinta dengan wanita lebih tua. Jangan pedulikan perbedaan umur. Sabar saja menunggu dan buktikan kedewasaanmu, lalu sergap si wanita. Perbedaan umur itu gak penting kalau sudah cinta ... ahay

Cara Eun-Ho menyatakan perasaannya adalah bagian terindah dari drama ini. "Bulannya indah" kata Eun-Ho pada Dan-I, saat mereka berdua memandang bulan besar bulat di suatu malam. Frasa "bulan itu indah" adalah makna lain dari Sa-rang hae-yo. 

Tell her, the moon is beautiful. 
Romance is a Bonus Book 
Genre: Romantic Comedy
Created by: Studio Dragon
Written by: Jung Hyun-Jung
Directed by: Lee Jong-Hyo
Starring: Lee Jong-Suk, Lee Na-Young
Sumber gambar: Pinterest 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut